By ZOOM Brand & Visual Identity
Sebuah produk adalah bagian cerita bagi perusahaan. Melalui produk perusahaan dapat bercerita apa yang ingin perusahaan perilihatkan, apa yang perusahaan lakukan, dan apa yang bisa perusahaan berikan untuk konsumen. Saat ini ditengah persaingan yang semakin rumit, perusahaan sadar jika branding akan sangat perlu dilakukan untuk mencapai kesuskesan. Saat keadaan itu tercapai, maka konsumen dengan sendirinya akan merasakan awareness. Namun ada dua hal yang harus dilakukan yaitu branding perusahaan dan branding produk. Lalu apa perbedaannya?
Pada artikel ini akan dibahas mengenai arti dari branding perusahaan dan branding produk.
Pada artikel ini akan dibahas mengenai arti dari branding perusahaan dan branding produk.
5 Perbandingan Antara Branding Perusahaan dan Branding Produk
Pada branding perusahaan sangat dibutuhakan sebuah pesan yang menyeluruh meliputi perusahaan itu sendiri hingga hal-hal utama yang penting disampaikan selama perusahaan berdiri secara keseluruhan. Elemen penting yang perlu disampaikan meluputi, nilai perusahaan, benefit, ide kreatif, tujuan dan kelebihan lain yang dilakukan.
Sementara untuk branding produk, pesan yang disampaikan cenderung lebih terfokus menceritakan kunci-kunci penting mengenai produk tanpa mengaitkan produk lain meski dalam satu rumah perusahaan.
Branding perusahaan dapat memungkinkan menghasilkan dampak secara parsial atau keseluruhan. Artinya branding perusahaan akan berdampak pada peningkatkan keseluruhan item produk termasuk semua produk dan layanan.
Branding produk yang hanya berfokus pada produk yang membuat dampak branding hanya terjadi secara vertikal untuk produk tersebut. Branding produk ini sangat penting dilakukan bagi produk yang ingin berjaya di pasar untuk kategori produk yang sama.
Branding perusahaan idealnya memiliki durasi dan frekuensi yang stabil untuk menjaga ingatan konsumen dan menunjukan popularitas perusahaan di hadapan stakeholders. Sementara frekuensi dan durasi branding produk dimaksudkan untuk menunjukan menyegarkan perubahan pasar dan perkembangan produk.
Bagaimanapun penyesuaian waktu adalah langkah yang perlu dilakukan untuk memberikan perbaikan relevan bagi perusahaan seperti penyegaran merek untuk tetap menjaga stabilitas posisi perusahaan di pasar sekaligus mencerminkan evolusi perusahaan.
Branding prusahaan menargetkan konsumen, stakeholders, shareholders. Sementara brading produk hanya menetapkan konsumens sebagai target mereka.
Untuk itu, strategi promosi untuk branding perusahaan memiliki teknik yang berbeda lebih dari sekedar penjualan produk. Hal ini berarti bahwa sebagian strategi promosi memang memiliki kebutuhan yang berbeda pula dalam menunjukan identitas dan posisi brand perusahaan/ produk di dalam pasar maupun di pikiran pemirsa.
_zoom.web.id
Branding perusahaan sejatinya dulakukan untuk memelihara citra perusahaan. Pesan-pesan yang disampaikan pun lebih membicarakan mengenai nilai perusahaan. Hal ini menunjukan bahwa semua bentuk komunikasi eksternal hingga kondisi didalam perusahaan dapat dijadikan senjata kunci untuk meningkatkan brand.
Hal tersebut mengartikan bahwa branding perusahaan lebih melebihatkan banyak aspek dan memberikan dampak yang yang lebih luas salah satunya terhadap produk. Ketika branding perusahaan dilakukan maka hal itu akan berdampak pada seluruhan produk. Untuk itu sangat penting melakukan branding perusahaan dibangingkan melakukan banyak promosi untuk satu jenis produk.
share this post
Download katalog kami dan dapatkan diskon 40% klik disini Dismiss